Subscribe for Newsletter

Edit Template

Siput sawah (Pila ampullacea) adalah sejenis siput air tawar yang mudah dijumpai di sawah, parit dan rawa-rawa. Masyarakat pedesaan biasa menyebutnya kol sawah, kol sawah paling banyak dijumpai di area persawahan yang relatif berlumpur dan jernih.

Habitat lainnya bisa dijumpai di tempat yang mirip sawah, yang airnya cukup jernih, berlumpur dan tidak berarus. Kalau pada siang hari kol sawah suka bersembunyi ke dasar lumpur sehingga sulit dicari dan dikumpulkan. Ketika menjelang malam hari, barulah kol sawah akan menyebar dan menempel di batang padi atau tumbuhan lainnya.

Waktu paling baik untuk mencari kol sawah adalah pagi hari, di mana saat pagi hari kol sawah masih berada di permukaan air dan menempel pada batang-batang padi. Saat musim menanam padi kol sawah mudah ditemukan, karena kol sawah gemar menyantap tanaman padi muda.

Namun, ada cara lain untuk menangkap kol sawah yang efektif dan efisien, yaitu dengan perangkap daun pepaya. Taruhlah daun pepaya tersebut pada waktu malam hari di pinggiran sawah atau sungai, besok paginya daun tersebut akan dipenuhi oleh gerombolan kol sawah.

Dari berbagai jenis siput yang paling bagus adalah kol sawah, karena mampu bertahan hidup tanpa makan sampai dua bulan lebih. Ciri-ciri kol sawah yang bagus adalah memiliki daging berwarna putih, cangkang berwarna cokelat kehitaman, cangkangnya tebal, telurnya berwarna putih, dan memiliki tutup cangkang yang keras.

Kol sawah biasa dikonsumsi oleh masyarakat sebagai pengganti protein hewani dari daging. Bahkan sebagian masyarakat percaya bahwa kol sawah memiliki khasiat tersendiri, seperti kandungan gizi dan protein yang tinggi, menurunkan kolesterol, mengatasi diabetes dan ambeien serta masih banyak memiliki manfaat yang lain.

Meskipun murah, manfaat kol sawah tidak perlu diragukan lagi. Tapi, jika salah dalam mengolah kol sawah bisa-bisa justru menjadi racun untuk tubuh. Saat ingin memakannya harus memperhatikan cara mengolahnya, meskipun pengolahannya gampang dibuat, jika salah pengolahan kol sawah bisa membawa bahaya.

Kenapa? Ternyata kol sawah terbiasa kotor dan penuh lumpur sehingga rawan membawa parasit dan cacing. Kol sawah juga membawa sisa pestisida di tubuhnya sehingga membuatnya beracun.

Tapi jangan khawatir! Kol sawah masih bisa dikonsumsi, cara mengolah kol sawah agar dipastikan aman untuk dikonsumsi adalah dengan mencuci bersih kol sawah. Pertama, merendam kol sawah di air bersih selama dua jam, lalu menyikat cangkang sampai bersih dari lumpur dan lumut.

Kedua, merebus kol sawah dengan air bersih mendidih selama 30 menit atau lebih dengan ditambahkan sedikit garam agar cacing dan bakterinya mati. Setelah dua tahap pengolahan dasar tadi sudah dilakukan, kol sawah sudah aman untuk dikonsumsi.

Selanjutnya, kol sawah bisa diolah sesuai keinginan, bisa diolah dengan bumbu rica-rica atau merebusnya dengan kuah kuning. Saat ini olahan kol sawah sedang dikembangkan karena potensinya yang besar dilihat dari harganya yang ekonomis dan kandungan nutrisinya. Jika diolah dengan benar, bisa beralih untuk mendapat protein hewani dari kol sawah yang tentunya lebih hemat dari daging ayam maupun sapi.

Kalau sudah ketemu siput sawah, tinggal diambil, tidak perlu dipukul dan masukkan saja ke dalam ember, plastik atau wadah apa saja asalkan jangan dimasukkan dalam saku celana. Mudah banget kan? Jangan khawatir kawan, siput sawah tidak akan lari! Iya memang siput tidak bisa lari, cuma dicerita dongeng si kancil dan siput lomba lari bisa juara, padahal yang didepan itu siput yang lain. Sekian dan terima kasih.

Explore Topics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ethical Dimensions in the Digital Age

The Internet is becoming the town square for the global village of tomorrow.

Most Popular

Explore By Tags

    About Us

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, and pulvinar daHad denoting properly jointure you and occasion directly raillery. In said to of poor full.

    You May Have Missed

    No Posts Found!

    Tags

      © 2024 Created with Royal Elementor Addons